Selasa, 10 Februari 2009

ANALISIS

Apabila dilihat dari sisi Likuiditasnya Bumi Resources menunjukkan kondisi yang baik. Hal ini dapat dilihat dari Rasio-rasio yang terlibat didalamnya antara lain Current Ratio, dan Quick Ratio/Aci d Test Ratio nya yang menunjukkan baiknya kinerja perusahaan dari tahun 2004 hingga 2007 . Walaupun elemen ratio yang terdapat pada sisi likuiditas tersebut diwarnai dengan terjadinya fluktuasi, namun fluktuasi yang terjadi, tetap menunjukkan kinerja yang baik, karena ratio nya berada di angka lebih besar dari 1.
Dilihat dari sisi Eficiency nya, perusahaan Bumi Resources ini memiliki beberapa hal yang patut dicermati mengenai apakah perusahaan ini mempunyai kinerja yang baik atau tidak. Apabila kita cermati dari sisi average collection period nya, perusahaan ini bisa dikatakan memiliki kinerja yang baik, karena menunjukkan semakin pendeknya hari (rata-rata 1 bulan). Apabila dicermati dari sisi account receivable nya, bisa dikatakan mengalami penurunan, walaupun penurunan yang terjadi tidak terlalu signifikan. Apabila dilihat dari sisi ini, apabila mengalami kenaikan, maka akan lebih baik. Apabila kita cermati total asset turnover nya, mengalamai fluktuasi yang baik, karena mengalami kenaikan yang lumayan, setelah mengalami penurunan. Dilihat dari sisi Inventory Turnover nya, bisa dikatakan kinerjanya baik, karena mengalami kenaikan yang drastic disaat setelah mengalami penurunan. Untuk sisi Fixed Asset Turnover nya, tidak mengalami fluktuasi peningkatan yang drastis sehingga bisa dikatakan kinerjanya lumayan baik.
Dilihat dari komponen yang terdapat di dalam Leverage, menunjukkan kinerja yang lumayan baik, karena mereka dapat memperhitungkan secara seimbang, aktiva yang mereka miliki dengan hutang. Hal ini terbukti dengan semakin naikknya debt ratio dan debt to equity ratio, meskipun terjadi penurunan pada equity ratio.
Apabila dilihat dari sisi Profitabilitas, perusahaan akan menunjukkan kinerja baik, apabila komponen yang terdapat pada sisi ini menunjukkan peningkatan. Namun, keadaan yang terjadi pada Bumi Resources ini, menunjukkan tingkat fluktuasi yang beraneka ragam, sehingga untuk dapat mengatakan kinerja perusahaan baik dari sisi ini, perlu ditelaah satu per satu komponen Profitabilitas nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar